Pemeliharaan cloud hosting
Bebaskan diri anda dari segala kerumitan teknis
fokus ke usaha inti anda

Mengenal berbagai media penyimpanan data dan aplikasi berbasis internet

Untuk sistem online anda membutuhkan satu server yang selalu terkoneksi dengan internet . Pilihan pertama sistem online yaitu anda bisa menggunakan server VPS atau cloud hosting . Anda bisa mengakses sistem 24 jam nonstop kapan saja dan darimana saja . Untuk spesifikasi harus di sesuaikan dengan jumlah user yg diperlukan sedangkan untuk lokasi server bisa berada di indonesia atau singapura.

Sebuah sistem software akuntansi online berbasis web untuk bisa beroperasi membutuhkan sarana dan prasarana , dalam hal ini web server untuk menjalankan program aplikasi dan database server untuk menyimpan data anda . Untuk mengakses server VPS ini dibutuhkan jaringan internet karena hampir sebagian besar VPS yang disewakan oleh vendor diletakkan di data center yang sebagian besar berlokasi di jakarta . Segala layanan saturnus software akuntansi online sudah termasuk cloud hosting atau cloud VPS , juga sudah termasuk jasa manage / pengelolaan servernya , sehingga anda hanya menggunakan layanannya saja dan bisa fokus ke inti bisnis anda .

Perbedaan Shared Hosting , Cloud Hosting , VPS dan Dedicated Server

Shared Hosting

Shared Hosting merupakan tipe web hosting yang sudah banyak di terapkan dari dulu hingga sekarang oleh banyak penyedia layanan web hosting. Untuk shared hosting tradisional sistemnya adalah satu komputer server fisik digunakan oleh banyak pengguna atau banyak website. Namun jika salah satu pengguna melebihi batas pemakaian sumber daya (RAM atau CPU) maka otomatis pengguna lain dalam server yang sama juga terkena imbasnya. Seperti misal situs web pengguna lain menjadi lemot atau bahkan down tidak bisa di akses sama sekali. Kelebihan dari tipe hosting ini adalah harganya relatif lebih murah.

Cloud Hosting

Cloud hosting ini merupakan teknologi hosting yang bisa di bilang baru. Jadi perbedaannya adalah tipe hosting ini menggabungkan beberapa komputer server menjadi satu kesatuan untuk menangani banyak website. Jika salah satu komputer server rusak / overload maka tidak akan mempengaruhi performa website lain. Karena sudah di handle oleh server yang lain. Jadi misal ada salah satu website yang mengalami lonjakan trafik dan mencapai limit dari sumber daya yang sudah di berikan maka tidak akan mempengaruhi website yang lain, hanya website tersebut saja yang tidak dapat diakses karena mencapai batas limit.

Sama seperti konsep original Cloud Computing, Cloud Hosting juga menggunakan prinsip berbagi sumber daya. Perusahaan hosting akan membangun infrastruktur Cloud dengan multiple server. Software virtualisasi akan digunakan selanjutnya untuk membagi server fisik ini menjadi server virtual atau Cloud. Setiap virtual server akan di-setup dengan aplikasi dan software yang unik. Perusahaan yang menggunakan server virtual tidak akan merasakan perbedaan yang berarti seperti dengan menggunakan server fisik. Dengan layanan yang tengah popular ini, perusahaan dapat dengan mudah melakukan permintaan upgrade atau downgrade power komputasi tanpa harus mengganti hardware-nya.

Virtual private server VPS

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server, bedanya dengan layanan shared web hosting biasa adalah di VPS anda diberikan kebebasan menentukan platform, OS dan jenis aplikasi sesuai kebutuhan anda. Meskipun kabarnya VPS lebih kencang dari shared hosting, namun bergantung dari spesifikasinya juga. Untuk harga, VPS lebih mahal dari pada shared hosting pada spesifikasi yang sama. Ingin lebih murah pastinya gunakan yang unmanaged tapi anda harus dapat mengelola VPS secara mandiri. VPS ini memang ditujukan untuk user yang ingin melakukan kustomisasi atau pengaturan khusus untuk situs atau bisnis mereka. Jika kita menyewa VPS di sebuah penyedia layanan VPS, sama dengan kita menyewa sebuah komputer virtual yang ada pada server fisik milik perusahaan penyedia layanan VPS tersebut yang mana komputer yang sudah kita sewa tersebut dapat kita gunakan sesuai dengan kebutuhan kita.

Dedicated Server

Dedicated Server adalah komputer server yang hanya anda sendiri yang menggunakannya, jadi anda sewa satu server khusus untuk anda dan tidak dibagi – bagi dengan pengguna lain. Kalau soal harga, sudah pasti jauh lebih mahal dan harga juga di tentukan dari spesifikasi hardware server seperti RAM dan CPU. Pengguna dedicated server biasanya adalah situs pemerintahan atau situs – situs besar yang memiliki kunjungan trafik tinggi.

Mempertimbangkan penggunaan Cloud Hosting untuk aplikasi bisnis

Cloud server yang banyak digunakan oleh perusahaan memiliki teknologi auto-healing, dimana teknologi ini membuat website jauh lebih stabil. Dalam cloud terdapat banyak server sehingga jika salah satu server mengalami masalah, maka ada beberapa server lainnya yang menggantikan sehingga website tidak akan terpengaruh oleh server yang tidak berfungsi. Dalam bisnis terutama bisnis online, kestabilan website sangat dibutuhkan. Dengan website yang stabil maka pengunjung yang akan menjadi konsumen Anda bisa lebih mudah mencari informasi yang mereka butuhkan, demikian juga dengan pelanggan Anda.

Alasan Kenapa perusahaan harus mempertimbangkan menggunakan Cloud Hosting

Simpel

Untuk membangun server dengan Cloud Hosting tidak memerlukan waktu yang lama. Perusahaan hanya perlu menyiapkan kontennya saja, dan perusahaan hosting yang akan meng-handle setup server-nya.

Fleksibilitas

Perusahaan dapat memilih paket dengan spesifikasi server dan juga sistem operasi yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhannya. Dan seperti yang sudah disebutkan diatas, perusahaan dapat dengan mudah untuk melakukan upgrade atau downgrade spesifikasi dari server.

Murah

layanan ini menggunakan sistem pembayaran berbasis langganan, perusahaan cukup membayar biaya langganan perbulan sesuai dengan paket yang dipilihnya. Dan biayanya pun masih terjangkau untuk pengguna personal maupun perusahaan kecil.

Waktu downtime yang lebih minimal

Jarang terjadi masalah pada Cloud Hosting, dan jika ada masalah perusahaan hosting akan langsung memindahkannya ke server virtual lainnya, biasanya data center-nya ada di beberapa negara atau di beberapa kota. Dan pada saat upgrade dan downgrade hanya membutuhkan waktu hitungan detik saja, karena hanya perlu menggantinya menggunakan software. Berbeda dengan server fisik, yang tentunya memerlukan waktu yang lebih lama ketika mengganti hardware.

Auto back-up dan snapshot

Tidak perlu khawatir data yang ada di server akan hilang, karena biasanya ada fitur auto backup dan snapshot untuk membackup data-data yang ada pada server.


Memilihkan teknologi terbaik untuk software bisnis yg akan anda gunakan.


Disarankan untuk menggunakan teknologi terbaik dengan harga murah untuk mendukung operasional software bisnis anda , beberapa teknologi yg kami sarankan untuk anda gunakan antara lain :

Penyedia infrastruktur cloud hosting dan VPS

Dalam negeri

Luar negeri

Infografis

Home page
Tentang kami
Galeri kegiatan
Blog
Event
Cara order
Tips bisnis sukses
Manfaat produk
Software usaha jasa
Software perdagangan
Software manufaktur
Software proyek
Software LKMS
Sosialisasi cloud accounting
Lab komp akuntansi online
Lab bank mini syariah
Pelatihan operator on-line
Pelatihan operator off-line
Sertifikasi operator
Sertifikasi trainer
Sertifikasi implementor
Jasa pembuatan website
Jasa pembuatan e-learning
Harga layanan
Kampus merdeka
Implementasi software
Penyewaan software
Harga layanan
SATURNUS SOFTWARE
Jl.Irian 2 / 3
Kelurahan kebulen
Kota Pekalongan
Jawa tengah
51112