Kampus merdeka

Permendikbud no 3 tahun 2020 tentang
standar nasional pendidikan tinggi

Di Permendikbud 3/2020 tentang standar nasional pendidikan tinggi . Standar Nasional Pendidikan terdiri atas:

a. standar kompetensi lulusan

Standar kompetensi lulusan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi Pembelajaran

b. standar isi Pembelajaran

Standar isi Pembelajaran merupakan kriteria minimal tingkat kedalaman dan keluasan materi Pembelajaran. Tingkat kedalaman dan keluasan materi pembelajaran distrukturkan dalam bentuk mata kuliah

c. standar proses Pembelajaran

Standar proses Pembelajaran merupakan kriteria minimal tentang pelaksanaan Pembelajaran pada Program Studi untuk memperoleh capaian pembelajaran lulusan.

d. standar penilaian pendidikan Pembelajaran

Standar penilaian Pembelajaran merupakan kriteria minimal tentang penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa dalam rangka pemenuhan capaian pembelajaran lulusan.Teknik penilaian terdiri atas observasi, partisipasi, unjuk kerja, tes tertulis, tes lisan, angket , bentuk portofolio atau karya desain.

Hasil penilaian capaian pembelajaran lulusan di tiap semester dinyatakan dengan Indeks Prestasi Semester (IPS).Hasil penilaian capaian pembelajaran lulusan pada akhir Program Studi dinyatakan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).

e. standar Dosen dan Tenaga Kependidikan

Standar dosen dan Tenaga Kependidikan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi dan kompetensi Dosen dan Tenaga Kependidikan untuk menyelenggarakan pendidikan dalam rangka pemenuhan capaian pembelajaran lulusan.

Dosen program diploma satu dan program diploma dua harus berkualifikasi akademik paling rendah lulusan magister atau magister terapan yang relevan dengan Program Studi.

f. standar sarana dan prasarana Pembelajaran

Standar sarana dan prasarana pembelajaran merupakan kriteria minimal tentang sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan isi dan proses Pembelajaran dalam rangka pemenuhan capaian pembelajaran lulusan.

g. standar pengelolaan

Standar pengelolaan Pembelajaran merupakan kriteria minimal tentang perencanaan, pelaksanaan,pengendalian, pemantauan dan evaluasi, serta pelaporan kegiatan Pembelajaran pada tingkat Program Studi.

h. standar pembiayaan Pembelajaran.

Standar pembiayaan Pembelajaran merupakan kriteria minimal tentang komponen dan besaran biaya investasi dan biaya operasional yang disusun dalam rangka pemenuhan capaian pembelajaran lulusan .

Standar satuan biaya operasional Pendidikan Tinggi menjadi dasar bagi setiap Perguruan Tinggi untuk menyusun Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPB) Perguruan Tinggi tahunan dan menetapkan biaya yang ditanggung oleh mahasiswa

Perguruan Tinggi wajib mempunyai sistem pencatatan biaya dan melaksanakan pencatatan biaya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sampai pada satuan Program Studi. Melakukan analisis biaya operasional Pendidikan Tinggi .evaluasi tingkat ketercapaian standar satuan biaya Pendidikan Tinggi pada setiap akhir tahun anggaran.

Dalam proses pembelajaran itu ada 9 karakteristik yang ingin dicapai.

1. Interaktif

menyatakan bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih dengan mengutamakan proses interaksi dua arah antara mahasiswa dan dosen.

2. Holistik

menyatakan bahwa proses pembelajaran mendorong terbentuknya pola pikir yang komprehensif dan luas dengan menginternalisasi keunggulan dan kearifan lokal maupun nasional.

3. Integratif

Capaian pembelajaran lulusan bisa diraih melalui proses pembelajaran yang terintegrasi. Ini untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan secara keseluruhan dalam satu kesatuan program, melalui pendekatan antardisiplin dan multidisiplin.

4. Saintifik

capaian pembelajaran lulusan juga dapat diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pendekatan ilmiah. Tujuannya agar tercipta lingkungan akademik yang berdasarkan sistem nilai, norma, dan kaidah ilmu pengetahuan serta menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan kebangsaan.

5. Kontekstual

Capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan kemampuan menyelesaikan masalah dalam ranah keahliannya.

6. Tematik

capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik keilmuan program studi dan dikaitkan dengan permasalahan nyata melalui pendekatan transdisiplin.

7. Efektif

Capaian pembelajaran lulusan diraih dengan mementingkan internalisasi materi secara baik dan benar dalam kurun waktu yang optimum.

8. Kolaboratif

capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran bersama yang melibatkan interaksi antar individu pembelajar untuk menghasilkan kapitalisasi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

9. Berpusat pada mahasiswa

Capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan.

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) ditetapkan dan dikembangkan oleh Dosen secara mandiri atau bersama dalam kelompok keahlian suatu bidang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam Program Studi

Dalam proses Pembelajaran di perguruan tinggi dapat berupa:

a. kuliah
b. responsi dan tutorial
c. seminar
d. praktikum, praktik lapangan, praktik kerja
e. penelitian, perancangan, atau pengembangan
f. pelatihan militer
g. pertukaran pelajar
h. magang
i. wirausaha
j. bentuk lain pengabdian kepada masyarakat

Pembelajaran diluar program studi

Proses Pembelajaran di luar Program Studi dilaksanakan berdasarkan perjanjian kerja sama antara Peguruan Tinggi dengan Peguruan Tinggi atau lembaga lain yang terkait dan hasil kuliah diakui melalui mekanisme transfer Satuan Kredit Semester.

Proses pembelajaran di luar Program Studi dilaksanakan hanya bagi program sarjana dan program sarjana terapan di luar bidang kesehatan.

Semester merupakan satuan waktu proses pembelajaran efektif selama paling sedikit 16 (enam belas) minggu, termasuk ujian tengah semester dan ujian akhir semester.Satu tahun akademik terdiri atas 2 (dua) semester dan Perguruan Tinggi dapat menyelenggarakan semester antara.

Kampus Merdeka

Secara keseluruhan, kampus Merdeka terdiri atas empat isu penting, yakni

  1. Sistem akreditasi perguruan tinggi Dalam program Kampus Merdeka, program re-akreditasi bersifat otomatis untuk seluruh peringkat dan bersifat sukarela bagi perguruan tinggi dan prodi yang sudah siap naik peringkat.
  2. Hak belajar tiga semester di luar prodi Kampus Merdeka yang kedua memberikan hak kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar prodi dan melakukan perubahan definisi Satuan Kredit Semester (SKS).
  3. Pembukaan prodi baru Program Kampus Merdeka memberikan otonomi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Swasta (PTS) untuk melakukan pembukaan atau pendirian program studi (prodi) baru.
  4. Kemudahan menjadi PTN-BH Kebijakan Kampus Merdeka yang ketiga terkait kebebasan bagi PTN Badan Layanan Umum (BLU) dan Satuan Kerja (Satker) untuk menjadi PTN Badan Hukum (PTN BH).

Merdeka belajar

Secara keseluruhan, Merdeka Belajar terdiri atas empat isu penting, yakni

  1. Penggantian format ujian nasional (UN) dg asesmen kompetensi minimum dan survei karakter. Asesmen ini menekankan pada kemampuan penalaran literasi dan numerik didasarkan pada praktik terbaik tes PISA.
  2. Pengembalian kewenangan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) ke sekolah. Menurut Kemendikbud, sekolah diberikan keleluasaan dalam menentukan bentuk penilaian seperti portofolio, karya tulis, atau bentuk penugasan lainnya.
  3. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang hanya satu lembar.Melalui penyederhanaan administrasi, diharapkan waktu guru dalam pembuatan administrasi dapat dialihkan untuk kegiatan belajar dan peningkatan kompetensi.
  4. Naiknya kuota jalur prestasi pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) dari sebelumnya 15% menjadi 30%.
Home page
Tentang kami
Galeri kegiatan
Catatan
Agenda kegiatan
Kontak dan order
Lab komp akuntansi online
Lab bank mini syariah
Software usaha jasa
Software perdagangan
Software manufaktur
Software proyek
Software LKMS
Seminar akuntansi online
Pelatihan online
Pelatihan onsite
Sertifikasi operator
Sertifikasi trainer
Sertifikasi implementor
Biaya sewa lab online
Jasa pembuatan website
Crowdfunding e-learning
Implementasi software
Penyewaan software
Biaya sewa software
SATURNUS.MY.ID
Jl.Irian Gg 2 kebulen
Kelurahan sapuro kebulen
Kota Pekalongan
Jawa tengah